Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog Bahasa Indonesia

Foto via Google.com

Halo sobat, gimana kabarnya? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk sobat yang ingin menghasilkan uang dari blog Bahasa Indonesia sobat. Terkadang Bahasa Indonesia ini sering diremehkan loh sob, contohnya seperti media.net yang mengharuskan publishernya memakai blog dengan Bahasa Inggris.

Sebenarnya masih banyak lahan untuk mencari uang di Internet, tapi ada juga yang mau menipu publishernya , loh. Nah jika sobat mempunyai blog dengan Bahasa Indonesia dan traffic juga tinggi, maka sudah seharusnya untuk di monetisasi untuk menghasilkan uang atau dolar.

Apakah orang Indonesia bisa mencari uang di Internet atau bisa sukses dengan blognya? Jawabannya, tentu saja bisa, contohnya seperti:

  • Eka Lesmana, penghasilannya $10.000 - $11.000 perbulan dari Google Adsense
  • Herman Yudiono, penghasilannya $2.000 perbulan dari Infolinks, Affiliasi Amazon, DLL
Mereka juga melewati masa-masa sulit waktu pertama kali terjun ke dunia blogging, sob. Contohnya Eka Lesmana, yang seorang tukang angon bebek. Lalu mas Eka Lesmana membuat toko online, dan setelah kenal dengan program Google Adsense yang membayar publishernya setiap kali ada orang yang klik iklan Google Adsense yang dipasang di blog orang yang daftar adsense tadi.

Gimana sob, apakah tertarik untuk bisa menghasilkan uang dari blog sobat sendiri? Baiklah, tidak usah berlama-lama pembukaannya, sob.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog Bahasa Indonesia sobat, tetapi disini saya kan memberikan cara-cara yang sering dipake orang saja. Ini cara-caranya.

1. Membuka Kursus Online
Cara ini sangat bagus bagi sobat, yang ahli di bidangnya. Misalnya sobat ahli dalam matematika, maka bukalah kursus matematika online. Nanti orang yang ingin kursus di tempat sobat kan harus bayar, nah duitnya itu bisa kita menfaatkan untuk makan dan minum sehari-hari.

Cara ini sudah jarang ditemui lagi, saya juga gak tau sih. Mungkin banyak orang yang gak percaya kali yah, misalnya "Uang Harus Ditransfer" dan lain sebagainya. Kalau sobat ingin membuka kursus online ini, sobat harus jujur dan jangan menipu orang.

2. Membuka Jasa
Cara ini juga bagus untuk sobat-sobat Blogger sekalian. Banyak Blogger Indonesia yang pakai cara ini, dan terbukti mereka sudah bisa merasakan pundi-pundi rupiah datang ke kantongnya. Kira-kira jasa yang paling banyak dicari di Indonesia itu seperti ini:

  • jasa desain website atau blog
  • Jasa penulisan artikel
  • jasa buat akun Google Adsense (Paling Banyak Dicari)
  • Dan jasa-jasa lainnya
Bagaimana apakah sobat tertarik dengan bisnis ini? Jika tertarik buka jasa yang sobat bisa, misalnya jika sobat ahli dalam tulis menulis, maka buatlah jasa penulisan artikel yang terpercaya. 

3. Menjual Template Blog
Bagi sobat yang jago coding, boleh dicoba bisnis ini. Banyak Blogger di luar sana yang cari-cari template yang responsive, SEO, keren, dan lain-lain. Contoh Blogger yang menjual template blog adalah Mas Sugeng, template Beliau sangat keren abis,responsive, dan juga SEO. Kini Mas Sugeng sudah dikenal oleh Blogger Indonesia, karena Beliau membuat template yang sangat keren, responsive, dan juga SEO

Apakah sobat tertarik dengan bisnis ini? Jika tertarik buatlah template yang bagus untuk blog orang lain, dan mencuri perhatian. Akibatnya, template buatan sobat pun laris manis di beli oleh Blogger.

4. Menjual Ebook
Jika sobat adalah Blogger yang berpengalaman, tidak ada salahnya untuk membuat ebook kemudian dijual. Jika sobat menjual ebook, sobat tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku sobat. Jika sobat ingin menekuni bisnis ini, maka jual ebook yang bermanfaat bagi orang lain.

Kalau Blogger Indonesia sih, jarang bisnis ini sob. Alasasannya bermacam-macam, ada yang males, ribet, dll. Jika sobat ingin memulai bisnis ini maka jual ebook yang bermanfaat bagi orang.

5. Menyediakan Jasa Iklan Mandiri/Pasang Iklan Di Blog Sobat
Cara ini bisa sobat coba, asalkan blog sobat banyak trafficnya. Jika blog sobat terkenal, maka akan mungkin untuk orang memasang iklan di blog sobat. Jenis iklannya bisa sobat tentukan sendiri. Di Indonesia, banyak Blogger yang menyediakan tempat untuk memasang iklan di blognya. Dan bayarannya pun lumayan untuk bayar domain dan hosting, hehehehe.

Jadi gimana sobat, apakah tertarik untuk menyediakan tempat iklan di blog sobat?

Jika sobat tertarik perbanyaklah pengunjung blog sobat dan beritahukan kepada mereka bahwa sobat menyediakan jasa iklan mandiri di blog sobat. Jika pengunjung blog sobat banyak, maka banyak juga yang ingin pasang iklan di blog sobat. Lain halnya jika pengunjung blog sobat sedikit, maka orang yang ingin pasang iklan di blog sobat pun tidak ada.

6. Pasang Iklan Pay Per Click (PPC)
Memasang iklan PPC juga bisa menghasilkan uang. Contohnya seperti Google Adsense, Chitika, Media.net, Klik Saya, Infolinks, DLL. Memasang iklan PPC adalah impian semua Blogger Seluruh Dunia. Dan PPC terpopuler adalah Google Adsense, dengan bayaran per klik iklan mencapai $8 (untuk klik luar negeri).

Banyak Blogger yang ingin daftar Adsense tetapi selalu ditolak, alasannya bermacam-macam, ada yang konten tidak memadai, blog tidak sesuai dengan kriteria, dan alasan-alasan lain. Jika sobat ditolak Google Adsense, ada PPC lain pengganti Google Adsense. Contohnya Chitika, Media.net, Infolinks, DLL.

Banyak Blogger yang sukses dari program PPC ini, sobat bisa cari Blogger-Blogger yang sukses itu di Google. jadi gimana sob, apakah tertarik dengan program ini?

7. Mencoba Bisnis Affiliasi
Bisnis ini hampir sama dengan PPC. Akan tetapi ini menjual produk yang kita tawarkan kepada pengunjung blog kita. Contohnya ada di Blog saya (Sebelah Kanan), jika ada orang yang membeli itu dari link yang ada di blog saya maka saya akan mendapatkan komisi sebesar 5%-10%. Jika produk yang anda jual harganya jutaan, misalnya 5 juta. Maka komisi sobat juga tinggi.

Bisnis affiliasi ini juga ada di Indonesia, misalnya Lazada, Blibli, Bhinneka, Elevenia. Sobat bisa mendaftar disana sebagai member. Jika sobat memenuhi kriteria, maka sobat juga akan diterima menjadi member dan mulai memasarkan produk yang sobat tawarkan di blog sobat.

Penutup..
Bisnis-bisnis diatas bisa sobat coba satu-persatu dengan doa dan kesabaran. Jika sobat terus berdoa dan sabar, maka akan mungkin untuk sobat menjadi sukses hanya dari blog yang sobat kelola. Jadi sobat tertarik dengan bisnis apa? Tulis jawaban sobat di kolom komentar atau share artikel ini ke media sosial

Salam Sukses



37 Responses to "Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog Bahasa Indonesia"

  1. ane lagi nerapin nomor 5 dan 6 gan :D

    ReplyDelete
  2. mkasih gan tipsnya, sangat bermanfaat,....

    ReplyDelete
  3. aduh pengen kayak eka lesmana dah huhuhu

    ReplyDelete
  4. ngiker nih ngiler ..cess ceess ceesss) bhak

    ReplyDelete
  5. Thanks gan , mudah"an lebih rajin ya :D

    ReplyDelete
  6. mantep nih gan, ane pengen bisa punya penghasilan sendiri lewat blog nih. thanks infonya

    ReplyDelete
  7. Pengen banget nih nyoba beberapa tips diatas spa tahu ane bisa jadi jutawan amin

    ReplyDelete
  8. bagus juga artikelnya gan , terutama untuk orang kayak ane , yang pengen dapat penghasilan dari blogging , biar sambilan ngerjain hobi bloging ane, hehe

    ReplyDelete
  9. pengen nyoba nomor 5 dan 6 tapi belum bisa daftar adsense hehe, mantap gan (y)

    ReplyDelete
  10. Tips nya mantep nih gan, jadi pengen coba salah satunya nih

    ReplyDelete
  11. kemarin ada kepikiran mau buat ebook dan dijual. tapi saya ingat lagi mas kalau ilmu saya juga di dapat dari internet dan tanya sana sini, akhirnya beberapa tutorial yang sudah sempat saya bikin ebook saya share gratis aja...semoga saya dapat bayaran fahala dan kebaikan dunia akhirat, amin. dan semoga kita semua mendapat berkah dari berbagi gratisnya mas. amin.

    ReplyDelete
  12. mateps tipsnya ni,,kl jualan barang pke blog msh prospek g ya by dedi mekanikmitsubihsi

    ReplyDelete
  13. tapi tetep aja yg paling enak google adsense gan :v . semoga aja ane bisa sukses seperti kang eka lesmana..aminn

    ReplyDelete
  14. semoga bloger indo pada sukses semua

    ReplyDelete
  15. Mantab... Ane pingin menghasilkan uang :D

    ReplyDelete
  16. wih menarik nih buat di coba
    izin ye gan

    ReplyDelete
  17. Jadi refrensi ogut nih :D biar tambah semangat blognya

    Salam blogger indonesia

    ReplyDelete
  18. thanks info nya, bermanfaat sekali nih.

    ReplyDelete
  19. Thanks Infonya Gan

    ReplyDelete
  20. thanks infonya gan ..
    semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  21. Nice Info gan :D jadi semangat ngeblog lagi :D

    ReplyDelete
  22. Ini dia yang gw cari artikelnya, btw thx sob.

    mining companies

    ReplyDelete
  23. TINIAN TRIMULY SHIPPING PLATINUM
    TINIAN TRIMULY titanium 3d printing SHIPPING titanium knife PLATINUM. titanium teeth k9 INGREDIENTS: TINIAN TRIMULY SALSA AND MOHEGAN titanium trim hair cutter reviews RICHMOND titanium dental implants and periodontics HABANERO.

    ReplyDelete