Tips-Tips Supaya Produktif Menulis Di Blog

Foto Via Google.com

Halo sobat, disini saya akan membuka rahasia supaya produktif menulis di blog sobat. Judulnya agak seram menurut saya. Pernahkah anda merasa kurang produktif menulis di blog?. Kalau pernah, berarti kita sama. Pernahkah juga anda berpikir bagaimana supaya kita bisa lebih produktif menulis di blog?. Kalau anda sedang mencari jawabannya, maka artikel ini akan membahas bagaimana supaya bisa lebih produktif menulis di blog sendiri.

Baca Juga: 3 Tips Supaya Punya banyak Ide Saat Tulis Artikel 

Untuk menindak lanjuti artikel saya yang ini 3 Tips Supaya Punya banyak Ide Saat Tulis Artikel, yang akan saya jelaskan disini hampir sama dengan artikel saya yang diatas tetapi disini membahas tentang rahasia produktif menulis di blog. Mungkin anda ada yang sudah membaca artikel saya yang diatas dan ada yang belum membaca. 

Kita kembali ke topik utama yang kita bahas disini adalah mengenai rahasia produktif menulis di blog. Sebenarnya bagaimana sih supaya kita ini produktif menulis di blog. Jawabannya ada di bawah artikel ini.

1. Punya Banyak Ide 
 Tanpa ide kita tidak bisa menulis di Blog. Coba bayangkan bagaimana kalau kita tidak punya ide saat menulis di blog, akibatnya blog kita terbengkalai. Bahan baku dari tulisan kan Ide. Berikut tips-tips dari saya yang mungkin berguna bagi sobat yang ingin lebih produktif menulis di blog. 

  • Membaca Buku Di Waktu Senggang
  • Membaca Topik Blog Lain Yang Sama Dengan Topik Blog Sobat
  • Mencari Tahu Kegelisahan Pembaca
Nah sobat, supaya kita punya banyak ide kita harus rajin membaca. Entah itu membaca koran, blog orang lain, novel, DLL. Ide itu bisa datang dari mana saja sob. Contohnya seperti ini. di sekolah, di kantor, di jalanan, DLL.

Supaya ide itu tidak hilang secara tiba-tiba seperti saya ini, sobat harus mempunyai catatan atau HandPhone. Untuk mencatat semua ide tadi, supaya gak hilang secara tiba-tiba, seperti yang dialami penulis

2. Ada Bahan Tulisan
Untuk bisa lebih produktif menulis di blog sobat. Sobat harus punya bahan tulisan. Berbeda dengan ide, contoh ide itu begini sobat.

  • Cara Supaya Blog Page Rank Di Google
  • Tips Sukses Ngeblog Dari Blogger Sukses
  • Cara Mendatangkan Traffic Blog
Nah itu sobat Ide, sedangkan bahan tulisan adalah adalah informasi apa saja yang akan anda sampaikan kepada pembaca blog sobat.  Bahan tulisan bisa berupa sub topik yang akan anda bahas di dalam artikel. Nah ketika anda punya Ide, lalu anda punya punya bahan tulisan, anda akan sangat terbantu ketika hendak menulis di blog. Lalu bagaimana supaya punya bahan tulisan?

Bahan tulisan bisa berasal dari mana saja. Akan tetapi bahan tulisan yang paling kuat dan paling ampuh itu dari pengalaman pribadi anda sendiri. Misalnya saya membuat artikel "cara paling ampuh mendatangkan pengunjung", maka bahan tulisan yang saya buat itu berasal dari pengalaman pribadi saya waktu ngeblog.

Nah untuk meningkatkan supaya produktif menulis di blog, kita harus punya bahan tulisan. Bahan tulisan bisa datang dari mana saja. Misalnya ketika anda mengikuti seminar, berdiskusi, DLL.

3. Lancar Menulis
Nah kalau yang satu ini, pasti sobat sudah tahu. Yap, untuk bisa produktif menulis di blog, sobat harus lancar menulis. Coba bayangkan kalau sobat tidak lancar menulis. Sobat pasti akan kesusahan untuk menulis di blog. Dan sobat pasti akan sangat lama untuk menghasilkan puluhan artikel.

Misalnya kalau kita lancar menulis, kita akan menghasilkan banyak tulisan di blog. Berbeda dengan orang yang tidak lancar menulis, dia pasti akan menyewa penulis untuk menulis di blog nya, dan itu pasti banyak mengeluarkan banyak modal.

Tips saya supaya kita bisa lebih lancar menulis di blog?

  • Ikuti Kursus Menulis 
  • Buat Blog Palsu, Dan Disini Kita Akan Melatih Kemampuan Menulis Kita
Nah itulah tips saya supaya lancar menulis di blog. Saya juga membuat blog palsu untuk latihan menulis saya. Mungkin tips tadi kurang ampuh bagi anda yang ingin lancar menulis di blog. Untuk yang nomor 3 ini saya kembalikan kepada pembaca, semakin banyak anda menulis artikel di blog anda. Maka semakin terasah juga kemampuan anda untuk lancar menulis di blog anda sendiri.

Penutup
Nah sobat, itulah yang bisa saya tulis di blog sederhana ini. Semoga sobat terinspirasi, untuk bisa menjadi lebih produktif untuk menulis di blog, DLL.


Salam Sukses




9 Responses to "Tips-Tips Supaya Produktif Menulis Di Blog"

  1. kalo ane sih update klo lgi ada yg mau request gan

    ReplyDelete
  2. thx gan . jadi semangat menulis blog nih

    ReplyDelete
  3. kalo hambatan saya ada di point 3, penggunaan diksi dan penempatan kata yg sangat minim bikin susah bgt mau nulis apa yg ada dikepala huhuuu

    ReplyDelete
  4. yang susah produktif menulis itu ide. tanpa ide konten pun takkan menarik

    ReplyDelete
  5. kalo cara saya mending "LAKUKAN" terus "IDE" dateng dari sendirinya. coba lakuin sih gan :)

    ReplyDelete